Untungnya Gw Lahir di Solo

Halo, nama gw Faris. gw sekarang lagi sekolah di luar kota yang dimana gw sekarang dalam keadaan tidak bisa memberi tahukan dimana (entar banyak orang-orang yang dulu pernah gw utangin pada datang nagihin). Dan status gw sekarang: kangen, pengen pulang. Kalo suatu saat kalian lagi jalan-jalan lalu ketemu orang ganteng berjalan tanpa arah dan tujuan, mungkin itu gw yang lagi nyariin dompet gw yang jatuh entah dimana. BUKAN! itu bukan karena gw jomblo! ITU JUGA BUKAN KARENA GW MKKB (Masa Kecil Kurang Bahagia)! Asal tahu aja, gw ini -menurut gw sendiri- adalah anak dengan masa kecil yang sangat-sangat bahagia. Why can like that (kenapa bisa begitu maksudnya)? Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Antara lain: 1) gw lahir secara normal, 2) gw lahir dari keluarga normal, 3) gw diberimakan makanan normal... What? Kenapa kok semuanya normal-normal aja? weit, weit, weit...  ada satu faktor terpenting yang belon gw sebutin, yaitu: 4) GW LAHIR DIKOTA YANG TEPAT: SOLO. haha

Benar, saudara-saudara, gw lahir dan dibesarkan di Solo. Kenapa harus Solo? Ya iya lah, coba gw lahir di New York bukannya Solo, pasti ibu gw namanya Monalisa (iya, ga nyambung).

FYI, Solo itu adalah kota yang sangat tepat untuk membuat anak. Wait, apa tadi gw bilang membuat anak? eh, maksud gw buat membesarkan dan mendidik anak supaya anak-anak tersebut tidak mengalami MKKB.
Kok bisa?
Gini, standar anak bisa disebut berMKB (kebalikannya MKKB) itu ada 2:
  1. tumbuh dengan kebituhan lahiriah terpenuhi (gizi, pendidikan, moralitas, dll) dan
  2. tumbuh dengan kebahagiaan yang dibutuhkan anak kecil.
buat poin pertama, itu biasanya bisa dipenuhi tanpa harus tinggal di Solo, yaitu pendidikan dan gizi. Tapi ada satu hal yang hanya bisa dipenuhi secara otomatis tanpa susah payah di Solo, yaitu pendidikan moralitas.

Otak anak kecil itu, menurut iklan di TV tentang susu balita, menyerap informasi 80% lebih kuat dari otak orang dewasa. Nah, bayangkan saja kalo anak-anak yang berotak spons itu tumbuh di kalangan masyarakat Solo yang terkenal ramah, sopan dan berbudi pekerti, so pasti secara otomatis dia bakal meniru masyarakat disekitarnya itu.


Gw jadi inget pengalaman gw pas gw masih kecil dulu. Waktu itu di Solo lagi ada sekatenan. Sebagai anak kecil yang normal, gw pun mengajak bapak-ibuk gw buat pergi ke sekaten. Awalnya bapak ga mau, tapi setelah gw mengeluarkan jurut elemen air keluar dari mata gw, bapak pun mengizinkan. YES!

ramenyaaaa
Singkat kata gw udah nyampe di sekaten dan udah berjalan-jalan menggandeng tangan bapak sambil ngelihat wahana-wahana yang ada disana. Keren-keren. Gw sampe ndomblong lihatnya dan berjalan tanpa memperhatikan jalanan (adegan berbahaya, anak dibawah 5 tahun dilarang menirunya). Lalu gw ngelihat permen gulali yang bentuknya lucu-lucu dan gw pengen beli. Gw tarik tang bapak gw, 'Pak, pengen niku (pah, pengen itu)' kataku yang masih bersuara cempreng. Lalu hal yang luar biasa terjadi. TIBA2 BAPAK GW JADI GONDRONG DENGAN MUKA SEMI MIRIP GENDERUWO HABIS DIET 3 BULAN. Gw panik. Gw ga tahu apa yang sedang terjadi. Lalu setelah 3 detik berfikir, gw sadar, GW SALAH GANDENG TANGAN ORANG!!!!

GW SALAH GANDENG TANGAN ORANG!
(diulang biar kelihatan serem)


Tuhan, apa salah hamba, Tuhan? kenapa hal ini terjadi padaku yang masih kecil dan suci ini? Mana yang gw gandeng wajahnya serem lagi..
Di tengan kepanikan itu, gw namuin ide yang sangat cemerlang buat nemuin bapak-ibu gw yang asli. Gw nangis.
Melihat seorang anak kecil ingusan menangis-nangis kayak orang kesurupan, bapak-bapak gondrong tadi  menenangkan gw dan malah membantu nyariin bapak-ibuk gw. Oh, pak gondrong, hatimu tak sehorror mukamu.
Setelah muter-muter selama 20 menit, akhirnya anak yang hilang kembali ke haribaan sang orangtua tercinta. Lega rasanya. (behind the scene: Bapak gw marah karena  gw mbikin khawatir setengah mati. Hei, gw jg udah mau mati tadi!)
Oh iya, bapak-bapak gondrong tadi juga membelikan aku gulali berbentuk naga yang kalo' ditiup bisa bunyi. Keren.

Gw juga jadi inget berita di TV dulu, di China ada anak yang ketabrak mobil di sebuah parkiran mall. eh, bukannya berhenti, mobil itu malah ngeloyor pergi. Miris.. Lalu datang mobil lain. Eh, bukannya berhenti buat nolongin, dia malah terus saja nginjek pedal gasnya dan MELINDAS anak kecil tak berdosa tadi. Setan tenan... lalu banyak orang yang lalu lalang tapi tetep ga ada yang nolong...
Gila..
Kenapa hal itu bisa terjadi? itu terjadi karena kurangnya rasa kepedulian dan moralitas yang ditanamkan pada diri mereka sejak kecil.

Nah, itu tadi buat poin pertama: moralitas. bagaimana dengan poin kedua, seneng-seneng?
Tenang, Solo penuh dengan wisata-wisata yang tidak hanya  keren, tapi juga mendidik.
Ada Sriwedari dengan seni dan taman bermainnya, ada Jurug yang membuat kita tahu dunia satwa, ada Sekaten, ada Solo Batik Carnival, dan lainnya yang ga kalah seru..
Gerbangnya keren.


mbaknya cakep
Dulu pas gw SD, gw termasuk anak CTM (Cerdas tapi malas). Akibat
nya gw mengerjakan setiap ujian dengan asal-asalan.. dan hasilnya, gw dapat ranking 4. Lumayan lah, menurutku saat itu.. tapi semua berubah ketika negara api menyerang ketika temenku yang rank 1 sampe 3 dapat tiket gratis ke Taman Bermain Sriwedari. Sebagai anak kecil berotak simpel, gw nangis.
Di tahun berikutnya gw berusaha lebih keras atas motivasi tiket gratis dan fuala, gw dapet rank 2!

hahaha

Keren, ga cuma wisata buat seneng-seneng, Solo juga membuat wisata yang berguna demi membentuk masyarakat yang lebih baik..

Emang dah, Solo emang yang tepat buat tumbuh kembang anak. Sekarang habis nulis ini, gw jadi kangen lagi pengen pulang... fyuh.. sabaaarrrr

Oh, sekalian gw pengen berterima kasih buat Pak Jokowi yang mengadakan lagi bus tingkat yang belom sempat gw naikin waktu kecil dulu. Sama buat bapak-bapak gondrong, makasih, permennya enak. Beruntung gw lahir di Solo, kurang beruntung anak tadi ga lahir di solo.

Sekian tadi kesan saya tentang Solo yang saya cintai, dari warnet, Saya, Faris Amin dengan masa kecil bahagia, mengepostkan.

Komentar

  1. kunjungi blog saya yach teman2 di http://chaniaj.blogspot.com
    banyak artikel yang bisa anda baca,kunjungi juga situs kami http://www.oliviaclub.com
    poker indonesia, poker terpercaya, situs poker, poker terbesar, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia,
    poker online, turnover poker.
    https://www.facebook.com/oliviaclubpk?ref=hl
    https://www.youtube.com/watch?v=nZeVknRm8fQ&feature=youtu.be ( OLIVIA)
    https://www.youtube.com/watch?v=4O3DiOiiOf8


    diharapkan kunjungan baliknya yach,,makacih..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer